HaKa News

Dr. Mardani Ali Sera: Alumni Pondok Pesantren Harus Membangun Kekuatan

August 1st, 2016 | by MediaHK
Dr. Mardani Ali Sera: Alumni Pondok Pesantren Harus Membangun Kekuatan
Alumni Santri HK
0

Panitia Reuni Nusantra menggelar Simposium pada hari Sabtu, (30/7). Bertempat di Raja Seafood Ballroom Kab. Kuningan. Salah seorang yang didaulat menjadi pembicara adalah Dr. Mardani Ali Sera, M.Eng. dengan tema “Tantangan alumni dalam menentukan perubahan negeri”. Intelektual muda muslim ini menyatakan Indonesia masih memiliki banyak permasalahan yang bisa diselesaikan oleh para pemuda, khususnya alumni pondok pesantren.

“Misalnya dalam hal ekonomi. Saat ini bank Syariah hanya mengendalikan 5% perekonomian di Indonesia. Sisanya dikendalikan oleh bank konvensional. Selain itu ternyata 70% perkonomian di Indonesia dikuasai oleh asing padahal populasi mereka hanya 4%,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga menjelaskan permasalahan dalam segi sosial budaya. Ia mencontohkan masih banyaknya kasus narkoba dan seks bebas di kalangan pemuda Islam di Indonesia. Sebagai alumni pondok pesantren, menurutnya tantangan ini harus disikapi dengan cara membangun kekuatan.

Kekuatan yang dimaksud diantaranya adalah kekuatan dalam segi mindset (pola pikir), attitude (sikap/perilaku), behavior (watak), actions (aksi nyata), results (hasil), dan performance (penampilan).

“Dalam segi mindset misalnya, alumni pondok pesantren harus mulai membenahi cara berpikirnya. Jangan hanya memandang sesuatu hal dari sisi yang negatifnya saja, karena setiap hal memiliki sisi positifnya juga.” ungkapnya mencontohkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

travel