HaKa News

MENUMBUHKAN KECINTAAN ANAK KEPADA MASJID

August 23rd, 2016 | by MediaHK
MENUMBUHKAN KECINTAAN ANAK KEPADA  MASJID
Hot News
0

Oleh Elin Marlina*

Beberapa waktu yang lalu, sebuah pesan di WhatsApp dari salah satu group yang memuat pesan Sultan Muhammad Al-Fatih (penakluk Constantinopel): ‚ÄĚJika suatu masa kelak kamu tidak lagi mendengar bunyi bising dan gelak tertawa anak-anak di antara shaf-shaf shalat di masjid-masjid, maka sesungguhnya takutlah kalian akan kejatuhan generasi muda kalian di masa itu.”

Pesan ini merupakan motivasi bagi para orang tua untuk mengenalkan masjid kepada anak. Saat ini anak lebih mengenal mall daripada masjid. Hal ini terjadi karena orangtua lebih sering mengajak anakpergi ke pusat perbelanjaan daripada ke masjid.

Jika saat ini wisata alam, kuliner, dan wisata seni budaya menjadi sesuatu yang sudah biasa di kalangan masyarakat, maka wisata religi (masjid) hendaknya menjadi trend baru bagi keluarga muslim.

Sudah seharusnya keluarga muslim mengenalkan dan menumbuhkan rasa cinta terhadap masjid sebagai pusat ibadah, dakwah, tarbiyah, dan khidmatul ummah (pelayanan umat). Berawal dari membiasakan anak untuk shalat berjamaah dan menghadiri kegiatan yang diselenggarakan di masjid maka menjadikan anak terbiasa dan senang ke masjid.

Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk menumbuhkan rasa cinta anak kepada masjid. Pertama, dengan membiasakan anak untuk berpindah-pindah dari masjid yang satu ke masjid lainnya dalam melaksanakan shalat jumat.

Kedua, ketika melakukan perjalanan jauh hendaklah orang tua berhenti sejenak di sebuah masjid untuk melaksanakan shalat dan beristirahat. Sehingga dalam jiwa anak akan tertanam cinta kepada masjid.

Ketiga, membiasakan iktikaf di masjid pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Kegiatan ini akan semakin terkesan dalam diri anak jika dilakukan sebagai program tahunan untuk keluarga.

Keempat, yang lebih penting lagi adalah membiasakan anak untuk melakukan shalat berjamaah pada setiap waktu shalat, sehingga semakin memperkuat keterkaitan (rasa rindu) dalam diri anak cinta kepada masjid.

Dengan demikian, jika rasa cinta terhadap masjid sudah tumbuh dalam diri anak maka pada saat dewasa nanti anak akan semakin faham akan fungsi sebuah masjid. Semakin banyak pengetahuan seseorang tentang masjid maka akan semakin terpaut hatinya dengan masjid, dan menjadi pribadi yang siap untuk memakmurkan masjid.

Berkaitan dengan hal itu, Rasulullah saw menyebutkan tujuh golongan yang akan mendapatkan naungan dari Allah swt pada hari kiamat nanti –salah satunya– adalah seseorang yang hatinya selalu terpautdengan Masjid.

Seseorang yang hatinya senang berada dalam masjid, selalu shalat berjamaah, dan senang berlama-lama di masjid untuk aktifitas ibadah, sungguh pribadi seperti ini adalah pribadi yang benar-benar beriman kepada Allah swt. Semoga Allah mengaruniakan kepada kita kaum muslimin anak-anak yang mencintai dan memakmurkan masjid. Amin.

*) Guru MTs Husnul Khotimah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

travel