HaKa News

Kegiatan Islah Mesir Di Benteng Sholahuddin Al Ayyubi

March 12th, 2016 | by MediaHK
Kegiatan Islah Mesir Di Benteng Sholahuddin Al Ayyubi
Alumni Santri HK
0

Alhamdulillahirabbil ‘alamiin, niat baik anggota Islah Mesir untuk dapat melaksanakan Sholat Jum’at di Masjid Sulthan Hasan akhirnya terlaksana kemarin (11/3), masjid ini masih terletak dalam kawasan Benteng Sholahuddin Al Ayyubi yang menyejarah.

Kami dibuat takjub dengan besar dan aslinya bangunan era 757 H ini. Masjid ini juga merupakan madrasah bagi penganut 4 madzhab fiqih berbeda, dimana didalamnya terdapat 4 ruangan saling berhadapan sebagai tanda kerukunan. Masih dalam satu komplek, kami juga masuk mengunjungi Masjid Al Rifai untuk melihat-lihat. Sayang waktu kami tidak banyak berhubung sudah mepet sekali dengan waktu jum’at.

Syeikh Kholid dalam khutbahnya mengutip sebuah hadits riwayat Abu Abdirahman Abdullah Ibn Mas’ud RA,

إن أحدكم ليعمل بعمل أهل الجنة حتى ما يكون بينه وبينها ذراع فيسبق عليه الكتاب فيعمل بعمل أهل النار فيدخلها وإن أحدكم ليعمل بعمل أهل النار حتى ما يكون بينه وبينها ذراع فيسبق عليه الكتاب فيعمل بعمل أهل الجنة فيدخلها

Kami dibuat termenung mentadabburi kalimat baginda Rasulullah saw itu. Ditambah Beliau membacakan ayat :

والأخرة خير لك من الأولى

Husnul Khotimah. Subhanallah.

Setelah selesai sholat, kami berkesempatan mengikuti Dars beliau lalu memohon izin untuk berfoto bersama.

Agenda selanjutnya, kami berjalan menuju Masjid Ibnu Thulun, masjid yang sudah tidak lagi difungsikan sebagai tempat ibadah. Sembari melihat-lihat kami juga sharing dan diskusi ringan perihal ke-Islah-an lalu berfoto dan berbagi keceriaan.

Semoga dengan itikad baik ini, kami dapat menjadi generasi yang dekat dan mencintai masjid sebagaimana sabda nabi dalam suatu haditsnya. Aamiin

Laporan Islah Mesir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

travel