HaKa News

Ribuan Santri Mengikuti Sholat Istisqa

August 22nd, 2015 | by admin
Ribuan Santri Mengikuti Sholat Istisqa
Berita HK
0

Ribuan santri Pondok Pesantren Husnul Khotimah, Kuningan, Jawa Barat mengikuti shalat Istisqo atau shalat minta hujan. Kegiatan yang digelar di Lapangan Gor pondok ini diikuti ribuan santri, Dewan Guru serta perwakilan Badan Taman Nasional Gunung Ciremai pada Sabtu siang (22/8/2015).

Bencana kekeringan yang melanda beberapa wilayah di Tanah Air belakangan ini membuat prihatin dan akhirnya di wujudkan dengan Sholat Istisqa. Bertindak selaku Imam dan Khotib KH. Miftahudin Kamil, MA. Meski dibawah terik matahari, dengan cucuran keringat, namun seluruh jamaah shalat nampak sangat khusuk.

Menurut KH. Mu’tamad, “diantara nikmat Allah SWT yang paling besar yaitu alma (adanya air, red.) ketika diturunkan hujan. Jadi Shalat Istisqo ini sebagai upaya meminta pertolongan kepada Allah SWT agar cepat turun hujan menyusul kemarau panjang dalam beberapa bulan terakhir. Serta terjadinya kebakaran di Gunung Ciremai.

“Kemarau ini menyebabkan kekeringan di beberapa daerah di Tanah Air,” ujarnya. Kegiatan ini juga dapat memberikan pembelajaran tentang rasa kepekaan para santri agar memiliki kepedulian antar sesame serta kepedulian terhadap lingkungan.

Sholat Istisqo yang dilakukan para Civitas Akademika Husnul Khotimah dilakukan dengan dua rekaat yaitu, rakaat pertama takbir tujuh kali dan kedua takbir lima kali. Dilanjutkan dengan khutbah dan do’a.

KH Miftahuddin dalam khutbahnya mengajak para jamaah untuk melakukan introspeksi dan menghindari kemaksiatan. Beliau juga mengajak para jama’ah serta remaja khususnya untuk bersama-sama memerangi perilaku menyimpang seperti penyimpangan sex di kalangan remaja sehingga Allah menjauhkan Adzab dari kaum muslimin. (Adh, Hmz)

Comments are closed.

travel