HaKa News

Santri Harus Jadi Teladan dan Siap Hadapi Tantangan

November 14th, 2016 | by MediaHK
Santri Harus Jadi Teladan dan Siap Hadapi Tantangan
Berita HK
1

Pemandangan berbeda terjadi di Pondok Pesantren Husnul Khotimah Kuningan Senin (14/11) pukul 08.30 pagi. Santri Madrasah Husnul Khotimah yang biasanya berada di kelas untuk belajar kali ini berkumpul di masjid Al-Husna I.

Kehadiran para santri ini menyusul kehadiran Pejabat TNI dari KODAM III Siliwangi Letkol Inf. Benny Suharto dalam rangka bersilaturahim dan memberikan pembekalan wawasan bela negara dan kebangsaan kepada remaja Indonesia.

Melalui tema “Melalui pembekalan wawasan kebangsaan dan bela negara, kita bangun generasi muda yang disiplin, semangat, cinta tanah air, dan bermartabat, serta bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara”, KODAM III Siliwangi memberikan wawasan kebangsaan kepada para santri.

“Negara, ‘saya saat ini menjadi perwakilan negara’ ingin menyiapkan adik-adik semua berpikir untuk masa depan. Indonesia ini sekarang sudah perang. Perang dagang, perang politik, dan lain-lain dalam bentuk proxy war,” tuturnya.

Pria yang menjabat sebagai Pabandya Apuater Sterdam III/Siliwangi ini juga mengingatkan para santri mengenai ancaman-ancaman besar yang akan dihadapi Indonesia di era modern ke depannya. Diantara ancaman itu berupa persaingan ekonomi, peredaran narkoba yang semakin bebas, terorisme yang menjamur, termasuk hukum. Ia menyampaikan juga bahwa perang berbasis energi di Timur Tengah dan Afrika saat ini bukan tidak mungkin bergeser menjadi perang berbasis pangan. Jika hal itu terjadi, menurutnya, maka Indonesia memiliki peluang yang besar untuk dijadikan sasaran karena Indonesia saat masih menjadi negara dengan produksi pangan terbesar di dunia.

Menurut Benny, generasi mudalah yang nantinya akan dihadapkan dengan berbagai ancaman tersebut. Beliau memberikan wejangan kepada para santri diantaranya untuk memperbanyak belajar, memiliki cita-cita yang tinggi untuk bersama-sama membangun Indonesia.

“Tingkatkan potensi diri, dan kembangkanlah,” nasehatnya. Melalui potensi yang dimiliki, tambahnya, maka akan semakin mudah untuk berkontribusi dalam bela negara.

Mengenai tujuan dari kegiatan ini, ditemui usai memberikan materi, Letkol Benny menyampaikan ingin memberikan wawasan kebangsaan dan bela negara serta menyiapkan generasi muda. Dimana generasi muda ini adalah sumber potensi, sumber daya manusia ke depan yang tantangannya semakin sulit.

“Sehingga kita harus menyiapkan generasi-generasi muda yang berwawasan kebangsaan, yang ber-bhineka tunggal ika, dan jangan sampai negara ini terpecah-pecah,” urainya.

Selain itu ia juga sangat terkesan dengan kedisiplinan para santri Husnul Khotimah. Ia menyoroti kedisiplinan dalam hal beribadah, mencari ilmu, dan juga potensi bela negara yang baginya sudah cukup kentara di ponpes Husnul Khotimah.

“Saya pikir ini sangat positif. Saat upacara tadi juga kita lihat beberapa potensi tentang progam disini baik itu kepemudaan, baik itu ekstrakurikuler, ada pramuka, ada bela diri, sama seperti sekolah lain. Jadi sekolah pesantren modern kalau saya bilang,” paparnya.

Tidak lupa ia juga berpesan kepada santri untuk bisa menjadi teladan bagi bangsa Indonesia yang majemuk. Teladan dalam hal keislaman, kedisiplinan dalam beribadah, tapi juga tidak meninggalkan rasa cinta terhadap tanah air. Karena dalam pandangannya ponpes Husnul Khotimah berpeluang menjadi pondok pesantren yang mewakili ke-bhineka tunggal ika-an sebab santrinya berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Pasalnya ia menemukan banyak sekali permasalahan di Indonesia meskipun mayoritasnya Muslim.

“Pesan kami, santri harus menjadi Muslim sejati. Nanti kedepan kita berharap juga orang-orang Muslim di Indonesia ini jumlahnya banyak. Tetapi yang beriman dan berihsan kita harapkan disinilah tempatnya,” pungkasnya.

One Comment

  1. Om Kumis says:

    Beginilah seharusnya generasi penerus bangsa kita, sangat yakin jika terus demikian bangsa Indonesia mampu menjadi yang terbaik kedepannya, insya Allah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

travel