HaKa News

SANTRI HUSNUL KHOTIMAH KEMBALI RAIH JUARA UMUM OLIMPIADE SAINS NASIONAL (OSN) TINGKAT KABUPATEN KUNINGAN

March 4th, 2018 | by mediahaka
SANTRI HUSNUL KHOTIMAH KEMBALI RAIH JUARA UMUM OLIMPIADE SAINS NASIONAL (OSN) TINGKAT KABUPATEN KUNINGAN
Prestasi Santri
0

Untuk keempat kalinya secara berturut-turut Santri Madrasah Aliyah (MA) Husnul Khotimah meraih juara umum Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten Kuningan untuk tingkat SMA/MA.  Sebanyak 13 santri MA Husnul Khotimah lolos ke Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi Jawa Barat. Kegiatan OSK 2018 ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Kuningan pada hari Rabu, 28 Februari 2018 di SMA Negeri Cigugur dan hasilnya diumumkan secara resmi pada hari Jum’at, 2 Maret 2018.

Bidang studi yang dilombakan sebanyak 9 bidang studi, antara lain Fisika, Matematika, Kimia, Biologi, Teknologi Informatika Komputer (TIK), Astronomi, Kebumian, Ekonomi dan Geografi. Jumlah peserta yang ikut berkompetisi ada 675 siswa dari seluruh wilayah Kabupaten Kuningan. Jumlah peserta yang lolos ke tingkat Provinsi sebanyak 27 orang dari 5 sekolah, antara lain MA Husnul Khotimah (13 siswa), SMA IT Al-Multazam (7 siswa), SMAN 2 Kuningan (5 siswa), SMAN 1 Kuningan (1 siswa) dan SMAN 3 Kuningan (1 siswa).

Dibandingkan dengan tahun 2017 silam, Jumlah santri yang lolos tahun ini meningkat 62% . Tahun lalu jumlah santri yang lolos sebanyak 8 orang santri.  13 santri yang lolos ke tingkat Provinsi Jawa Barat antara lain  untuk bidang studi Fisika melolos 2 santri atas nama Muhammad Raihan (Juara I) dan Shofiyah (Juara III), bidang studi Matematika atas nama Muhammad Dzaki (Juara II) dan Daffi Farhansyah (Juara III), bidang studi Kimia atas nama Salman Alfarisi (Juara II), bidang studi Biologi atas nama Qanita Muthmainnah (Juara I), bidang studi TIK atas Amira Husna (juara I), Bidang studi Astronomi atas nama Fathimah Az-Zahra (Juara I) dan Fahmi Muhammad (Juara II), bidang studi Kebumian atas nama Taufiqurrahman (Juara I), bidang studi Ekonomi atas nama Muhammad Irfan (Juara II) dan bidang studi Geografi atas Muhammad Izzudin (Juara II) dan M Fariz Hizazi (Juara III).

Peningkatan prestasi ini disambut gembira oleh Pimpinan Pondok Pesantren Husnul Khotimah, K.H. Mohamad Sabiqin, Lc didampingi Kepala MA Husnul Khotimah, Mulyadin, Lc, M.Pd. Mantan legislator DPRD Provinsi Jawa Barat ini menyampaikan rasa syukur kepada Allah Swt dan mengapresiasi kerja keras jajaran MA Husnul Khotimah terutama guru-guru pembimbing yang terus membina dan memotivasi santri untuk terus berprestasi ke level yang lebih tinggi di tingkat Provinsi, Nasional dan Internasional.

Sejak tahun tahun 2014, hampir tiap tahun santri MA Husnul Khotimah selalu berpartisipasi dan berprestasi  di tingkat nasional. Pencapaian prestasi untuk tingkat Internasional juga pernah dicapai dengan memperoleh medali perunggu di ajang International Geography Olympiad di Beijing tahun 2016.* (af)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *