HaKa News

Pelatihan Jurnalistik, Dahsyatnya Dakwah Bil Qolam

March 27th, 2016 | by MediaHK
Pelatihan Jurnalistik, Dahsyatnya Dakwah Bil Qolam
Berita HK
0

Guru-guru Pondok Pesantren Husnul Khotimah mengikuti pelatihan jurnalistik pada hari Ahad (27/3/2016). Pelatihan diselenggarakan Divisi HRD dan Personalia dengan pembicara Ahmad Setiyaji (wartawan senior HU Pikiran Rakyat).

Pelatihan yang mengangkat tema “Dahsyatnya Berdakwah lewat Qolam” tersebut menurut Kepala Divisi HRD dan Personalia, H. Imam Nur Suharno, M.Pd.I,  Tujuan dari pelatihan ini agar guru di Husnul Khotimah tergugah dan termotivasi untuk menulis.

Para guru terlihat sangat antusias dan bersemangat menyimak pemaparan materi oleh Achmad Setiyaji, Redaktur Senior HU Pikiran Rakyat. Sesekali mereka “pecah’ tertawa menyaksikan “dongeng” walisantri Husnul Khotimah ini.

“ kalau ingin kemudahan seimbangkan baca dan tulis”  Ujar penulis terbaik III tingkat Nasional tahun 2013 ini.  Itu adalah wasiat yang selalu dikenang Achmad Setiyaji hingga bisa menjadi seperti sekarang ini.

Penulis buku “bisa keliling dunia gratis” ini memotivasi para guru  untuk menulis. “  Ayo Ustadz-ustadzah kita menulis, jangan kita senang di “zona nyaman” malas menulis, susah menulis.  jangan sampai ketika kita meninggal tidak meninggalkan satupun tulisan kecuali tulisan hutang” ujarnya.

Kemudian lulusan Jurnalistik Unpad ini menyampaikan tips dalam 10 menit piawai menulis. Pertama, 1 menit gunakan  mata + telinga + Otak + hati untuk “ngeh” sesuatu (data/Info). Kedua,   3 menit untuk ungkapkan “kata Hati” ke tulisan,  “ Ngeh” alat tulis + abaikan EYD. Ketiga,  2 menit untuk endapkan tulisan + studi banding,  “ngeh” editing + masukan. Keempat 3 menit untuk tulis ulang naskah,  “Ngeh” pembobotan (5 W +1 H). Kelima 1 menit untuk naskah dibaca dan “Dibaca-Nya”  Ngeh membukukan-Nya.

Sesi penutup Workshop Jurnalistik diisi dengan evalusi karya tulis yang telah dibuat oleh peserta workshop. Peserta juga menyampaikan kesan dan pesannya selama workshop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

travel