HaKa News

Workshop Pengelolaan Sosial Media

October 10th, 2016 | by MediaHK
Workshop Pengelolaan Sosial Media
Berita HK
0

Media sosial kini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Berbagai kemudahan serta beragam fasilitas yang ditawarkan oleh media sosial menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk menggunakannya sebagai sarana komunikasi dan berbagi informasi dengan cepat dan mudah.

Lembaga Islam dan para da’i diharapkan mampu memanfaatkan media sosial ini untuk menyebarluaskan kebaikan. Dengan aktifnya orang-orang baik di media sosial setidaknya bisa meminimalisir dampak negatif dari penggunaan media sosial.

Isu ini melatarbelakangi diadakannya kegiatan workshop pengelolaan Sosial Media, Ahad (9/10) di Gedung Darul Arqom Kampus I Husnul Khotimah Kuningan. Acara yang diikuti para guru dan pegawai Ponpes Husnul Khotimah, menghadirkan praktisi teknologi informasi dan media sosial, Zico Alviandri, ST dan Syarif Furqon, S.Kom.

Zico Alfiandri yang menyampaikan materi tentang menulis kreatif, mengingatkan pentingnya faliditas sumber informasi yang sering disebar di media sosial. Sebagai pengguna sosial media harus bijak dan tidak turut menyebarkan informasi dan konten hoax di sosial media.

Menurutnya kegiatan menulis secara umum merupakan proses kreatif dengan mengoptimalkan berbagai elemen, dimana seorang penulis dibekali dengan berbagai pengalaman dan wawasan. Karena itu sebagai sebuah kreatifitas maka kebiasaan menulis itu perlu terus diasah.

Bagi seorang penulis jangan pernah khawatir tulisan tidak ada yang baca, menurutnya ketika ada ide maka ide tersebut harus ditumpahkan dalam bentuk tulisan, Karena lanjut Zico, setiap manusia memiliki kecenderungan dan selera bacaan yang berbeda. Dan setiap tulisan memiliki takdirnya masing-masing. adapun proses editing dilakukan setelah semua ide selesai dituliskan dan sebelum dipublish.

Sementara pembicara kedua, M. Syarif Furqon menyampaikan pentingnya sosial media bagi sebuah lembaga. Sebagai lembaga, menurutnya Husnul Khotimah memiliki SDM yang mumpuni untuk pengelolaan media yang ada. Potensi SDM yang ada jangan hanya dirasakan manfaat ilmunya hanya oleh para santri saja, tetapi dengan media yang ada masyarakat luas bisa merasakan manfaat dari ilmu yang mereka miliki. Dalam kesempatan tersebut M. Syarif Furqon memaparkan berbagai aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menuju ke arah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

travel