“Success Is A Journey Not Destination”

“Success Is A Journey Not Destination”

Belajar Bukan Rasa Belajar

Proses Belajar Mengajar di kelas identik dengan kegiatan transfer ilmu dari guru ke murid, disini bisa ditebak yang berperan  “super aktif” adalah guru dan sebaliknya siswa menjadi pasif maka disusunlah berbagai macam inovasi dalam metode penyampaian agar proses belajar mengajar lebih adil dan berimbang yaitu berharap murid lebih aktif lagi sedang guru tidak terlalu super aktif lagi.

Seperti yang diketahui bersama dalam proses belajar mengajar ada kalanya mengalami stagnanisasi atau kejenuhan dikarenakan salah satunya adalah metode yang sama yang berulang ulang membuat murid atau peserta didik kehilangan antusiasme belajar sampai sampai membuat mereka tertidur di kelas.

Salah satu metode yang membuat peserta didik terangkat antusiasme dalam belajar disini akan dipaparkan belajar  dengan permainan. Kebetulan penulis adalah pengampu bahasa (Inggris) maka kami akan membagi pengalaman tentang belajar dengan bermain bahasa tapi insyaallah bisa diterapkan juga dengan mata pelajaran lainnya tinggal ganti isi atau materi yang bersangkutan.

Yang pertama adalah

“Telephone Game”

Bahan-bahan yang diperlukan hanya boardmarker 5 buah (lebih baik berbeda warna)

Langkah langkah :

  1. Bagilah kelas menjadi 4 kelompok bisa berdasarkan tempat duduk atau berhitung dari 1,2,3, sampai 4
  2. Setelah terbagi suruh semuanya untuk berdiri berdasarkan kelompoknya dan berbaris ke belakang
  3. Semua peserta didik berdiri berbaris berdasarkan kelompoknya, yang paling depan di beri spidol atau boardmarker dan yang paling belakang di setiap regu keluar ruangan untuk diberikan password (kata/kalimat rahasia)
  4. Lalu guru keluar juga untuk memberikan password yang sudah disiapkan sebelumnya diambil dari buku pegangan atau materi yang sudah di terangkan.
  5. Peserta didik tiap kelompok yang keluar menghafal password kemudian kembali ke barisan nya masing masing (paling belakang)
  6. Dengan aba-aba (one, two, three,,,go!) murid yang paling belakang menyampaikan password dengan berbisik di depannya dan seterusnya secara berantai.
  7. Setelah password sampai ke peserta didik yang paling depan segera menuliskannya di papan tulis yang disediakan
  8. Kelompok yang paling cepat dan benar mendapatkan poin satu di tabel yang guru buat di pinggir papan tulis.
  9. Lakukan terus secara bergantian sampai semua peserta didik mendapatkan kesempatan atau giliran menerima password pertama atau menuliskannya di papan tulis.
  10. Agar lebih seru dan semarak kelompok yang menang paling banyak mengumpulkan poin mendapatkan hadiah atau nilai tambahan
  11. Dan terakhir jangan lupa untuk menyuruh peserta didik mencari nama kelompoknya masing-masing.

 

Contoh password atau materi “Telephone Game” untuk kelas 8 MTs/SMP

grup Babak 1 Babak 2 Babak 3 Babak 4 Dst..
1 Guess what Well done I’m glad to hear that
2 Excuse me Great Job It’s just my luck
3 Attentian,please Fantastic work She studied hard for it
4 Listen to me It’s awesome Experience is good teacher

 

Contoh Tabel skor

Group’s name Score Total score
1.      Andalusia

 

III
2.      Cordoba

 

IIII
3.      Al Hambra

 

II
4.      Gilbaltar

 

I

Selamat berinovasi dan mencoba…

 

 

 

Biografi Penulis

Nama Lengkap            :          Arif Rahman Hakim, S.Pd.I

TTL                             :          Kuala Kapuas, 7 Agustus 1982

Riwayat Pendidikan    :

  1. Taman Kanak-Kanak di Kapuas Kalimantan Tengah
  2. Sekolah Dasar di Ciamis 1996
  3. Sekolah Menengah Pertama Ciamis 1998
  4. Sekolah Menengah Atas Banjar 2001
  5. Ma’had Abu Bakar Ash-Shiddik UMS Solo (D2 Bahasa Arab) 2003
  6. Basic English Course Pare Kediri 2004
  7. IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2010 (Tadris Bahasa Inggris)

Quote              :           “ you are the creator of your future”

Inspirational person    :         Mr. Kalend (the founder of BEC)

Mengabdi di pondok pesantren Husnul Khotimah sejak tahun 2005 sampai sekarang..

Share This
WHATSAPP